Hikmah

 

Gambaran Laku Spiritual dan Filosofi Hidup Mbah Manab

Support serta dukungan dari sang istri ini pula yang membentuk kepribadian Mbah Manab menjadi pribadi yang mulia.

Kisah Pemintal Benang: Mutiara dari Allah SWT

Sang ulama menjawab, “Jika mutiara itu berlubang, maka itu adalah milik orang lain. Namun jika tak berlubang, maka itu sungguh pemberian Allah SWT untuk kalian”.

Karomah KH. Sahal Mahfudz yang Disaksikan Banyak Orang

KH. Sahal Mahfudz, mantan ketua umum Majelis Ulama Indonesia (2000-2014) dan Rais ‘Aam PBNU (1999-2014) dikenal sebagai seorang ahli fikih

Kekuatan Hafalan Imam Bukhari Ketika Diuji Oleh 400 Ulama Hadis

Saat Imam al-Bukhari berada di Samarkand, 400 ulama hadis datang untuk menguji beliau dengan hadis yang sanad dan nama periwayatnya sudah dicampuradukkan, mengubah sanad Syam ke sanad Hijaz, dan seterusnya.

Kisah Abu Jahal Menikmati Syahdunya Al-Qur’an

Sebetulnya, Abu Jahal merasa takjub dengan Al Qur’an. Akan tetapi, karena gengsi dan kesombongannya, Abu Jahal tidak mau terang-terangan mengakuinya. Sampai akhirnya apa yang dia sembunyikan itu terbongkar.

Kisah Cinta Abdullah, Ayah Nabi Muhammad SAW Menolak Lamaran Perempuan Cantik dan Kaya

Cinta Abdullah hanya untuk Aminah, bahkan ketika seorang perempuan cantik dan kaya, yang bernasab baik ingin menikahinya, ditolak olehnya.

Kisah Penciptaan Akal dan Nafsu

Ustman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syaakir Alkhaubawiyi ulama yang hidup dalam abad ke 13 Hijriah pengarang Kitab Durratun Naasihiin meriwayatkan bahwa sebelum Allah SWT menciptakan akal dan nafsu yang hendak diletakkan dalam diri Adam As

Kisah Waliyullah dan Sebongkah Emas dari Tanah

Hayat bin Syuraih bin Shofwan Al Tujibi atau Hayat bin Syuraih (wafat circa 737 M), merupakan waliyullah Mesir yang dikenal zuhud dan memiliki kedekatan pada Allah sangat tinggi.

Cleaning Servis Penemu Emas di Kualanamu Tolak Promosi Jabatan, Ini Alasannya

Kejujuran adalah sebuah nilai yang lahir dari budaya baik yang terapkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Karomah KH. Ahmad Qusyairi Pasuruan yang Berhentikan Kereta Listrik

KH. Ahmad Qusyairi dan KH. Abdul Hamid Pasuruan merupakan dua ulama besar yang sangat berjasa dalam penyebaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah di Pasuruan.