Islam Nusantara

 

Kenapa Nahdlatul Ulama? Ini Asal-Muasal Penamaannya

Kiyai Hasyim bertanya kepada Kiai Mas Alwi: “Mengapa Nahdlatul Ulama?” Kiai Mas Alwi menjawab:

Doa Gus Mus di Hari Kemerdekaan: Melawan Keindahan Imitasi

Menjelang perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, KH Ahmad Mustofa Bisri, mengirim doa demi kebaikan bersama.

Batal Dipindahkan, Jazad Kakek KH Ma'ruf Amin Masih Utuh

Inilah yang juga menimpa makam Kakek dari KH Ma’ruf Amin, yaitu Syaikh Nawawi Al-Bantani. sesudah kuburnya genap berumur satu tahun, datanglah petugas dari pemerintah kota untuk menggali kuburnya.

Kajian Tafsir QS. Attaubah 122 pada Strategi Pembangunan Peradaban

Tafsir QS Attaubah 122 pada peralihan strategi perang menjadi strategi pencerdasan masyarakat Indonesia pra kemerdekaan, sebuah tafsir dari intelektual muda yang sangat menarik untuk disimak.

Menag: Kopiah Hitam tidak hanya Identitas Muslim tapi juga Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia biasa memakai kopiah karena ini tidak hanya identitas Muslim tapi juga bangsa

Ajaran Langit yang Membumi Itu Bernama Islam Nusantara

Menjadi Nusantara adalah hal yang paling manusiawi bagi manusia Nusantara. Dilahirkan sebagai anak Nusantara, berakar kebudayaan negeri sendiri, berkebangsaan bangsa sendiri, dan menjadi diri sendiri. Bukan menjadi orang lain dengan justru kehilangan jati diri. Sebab, kehilangan terbesar adalah kehilangan diri sendiri. 

Islam Nusantara: Strategi Melawan Globalisasi

Orang-orang berjiwa merdeka dan berpikiran bebas, tidak akan berandai-andai dan menafsir-nafsir apalagi sampai membayang-bayangkan istilah Islam Nusantara sebagai sesuatu yang baru yang sangat mengerikan

Kenapa Jokowi Gandeng Kiai Ma’ruf? Ini Keuntungannya

Pilihan terhadap Kiai Ma’ruf telah mengagetkan banyak orang. Keberanian untuk menggandeng Kiai Ma’ruf Amin sontak telah memunculkan banyak spekulasi...

Anatomi Radikalisme di Indonesia : Penutup (Bag 7)

Senapan memang bisa membunuh teroris, tetapi tidak ideologinya. Radikalisme berakar dari ideologi salafi yang didirikan oleh Ibn Taimiyah (1263–1328 M) dan menjelma menjadi gerakan revolusioner di tangan Muhammad Ibn Abd Wahhab (1701 - 1793 M)

Hati-Hati! Ada Indikasi Habaib Sedang Diadu Domba dengan NU

Kali ini sasaran HTI adalah NU, langkah pertama adalah mengadu domba Habaib dan Kyai NU. Sebab...

Menampilkan 511 - 520 dari 548 Islam Nusantara