Islam Nusantara

 

Anatomi Radikalisme di Indonesia : Generasi Harbi Pohantun dan Infishâl (Bag 4)

Program Harbi Pohantun Ittehad-e Islami berhasil meluluskan 200 orang dari target 300, sebagian kelak menjadi tokoh-tokoh penting Jamaah Islamiyah, dan terlibat sejumlah aksi teror seperti Bom Natal dan Bom Kedutaan

Anatomi Radikalisme di Indonesia : Penetrasi Salafisme (Bag 3)

Kepemimpinan Jamaah DI/NII bergeser ke Jawa Tengah (Solo) dan Yogyakarta di bawah pimpinan Abdullah Sungkar dan Abu Bakar Ba’asyir

Anatomi Radikalisme Di Indonesia : DI/NII: Keluar dari Konsensus (Bag 2)

Cita-cita mendirikan negara Islam belum redup dengan konsensus 1945. Empat tahun setelah proklamasi, SM Kartosoewirjo, bekas aktivis PSII yang bergabung ke Masyumi, memproklamirkan berdirinya Negara Islam Indonesia (NII) atau Darul Islam (DI)

Secuil Bukti Jejaring Keluarga Kiai sebagai Salah Satu Kunci Kekuatan NU

Nahdlatul Ulama adalah organisasi besar yang khas, mungkin ini salah satu kunci kemampuannya beradaptasi dengan perkembangan kehidupan kebangsaan.

Takjub, Sutradara Eropa Akan Buat Film dengan Islam Nusantara

KH Ma'ruf Amin mengatakan bahwa ada seorang sutradara film dari Eropa yang mengagumi toleransi dalam beragama di Nusantara ini. Pasalnya kerukunan dan kedamaian di tengah kebinekaan agama, suku dan budaya dapat dengan baik dijalin di tengah-tengah masyarakat.

Menarik, Penawaran Perjalanan Haji Tahun 1888

Sebuah selebaran penawaran perjalanan haji terdokumentasikan bertahun 1888 menarik untuk diketahui, bagaimana perjalanan haji pada waktu itu?

Anatomi Radikalisme di Indonesia : Sebuah Pengantar (Bag 1)

Radikalisme ada pada semua agama, tetapi dalam Islam, radikalisme atau fundamentalisme terbukti memainkan peran politik terpenting sejak abad ke-18 (Barber, 1995: 206).

10 Prinsip memahami Islam Nusantara

Dalam kajian klasik di pondok pesantren kita mengenal istilah yang sangat populer tentang Mabadi’ Asyrah atau Sepuluh Prinsip Dasar dari bangunan suatu ilmu (body of knowledge)

Memahami Islam Nusantara

Kami hanya ingin jadi umat Kanjeng Nabi Muhammad dengan segala ekspresi kami sebagai orang Jawa, orang Sunda, orang Melayu, dan lain-lain.

M Kholid Syeirazi: Orang yang Menolak Islam Nusantara karena dari dulu Menolak NU

Inti gagasan ini sederhana, kita ingin membangun Indonesia berdasarkan agama. Artinya kita tidak ingin membentuk Indonesia sebagai negara sekuler.

Menampilkan 521 - 530 dari 545 Islam Nusantara